Fri. Sep 20th, 2024


VA NEWS – Intel meluncurkan jajaran prosesor terbaru, yaitu Core Ultra, pada pekan ini. Prosesor ini didasarkan pada arsitektur baru bernama Meteor Lake dan dirancang khusus untuk laptop. Core Ultra menonjolkan kehadiran unit pemrosesan kecerdasan buatan (NPU) yang terintegrasi. Menariknya, prosesor ini menggunakan teknologi packaging Foveros, yang mirip dengan konsep chiplet yang telah diterapkan oleh AMD.

Berbeda dari pendekatan sebelumnya, Core Ultra tidak mengadopsi packaging monolithic yang menyatukan semua komponen dalam satu wafer silikon. Sebaliknya, menggunakan teknologi Foveros dengan beberapa tile yang digabungkan. Tile tersebut melibatkan CPU yang diproduksi dengan proses fabrikasi Intel 4 oleh Intel sendiri, serta tile GPU, SoC, dan I/O Functions yang dibuat oleh TSMC.

Jajaran Core Ultra terdiri dari 11 model yang dibagi menjadi dua seri, yaitu seri H untuk laptop konvensional dan seri U untuk laptop ultrathin. Delapan model sudah tersedia, sementara tiga lainnya akan dirilis awal tahun depan. Seri H mencakup model seperti Core Ultra5 125H dan Core Ultra7 165H, dengan jumlah core CPU dan kecepatan yang bervariasi. Di sisi lain, seri U mencakup model seperti Intel Core Ultra5 125U dan Core Ultra7 165U, dengan fokus pada desain ultrathin.

Seluruh model dalam seri H dan U dilengkapi dengan unit pemrosesan kecerdasan buatan (NPU) bernama Intel AI Boost untuk percepatan pekerjaan terkait AI. Selain itu, Intel juga menyematkan dukungan hardware terkini seperti Wi-Fi 7, Bluetooth 5.4, Thunderbolt 5, HDMI 2.1, Display Port 2.1, dan RAM LPDDR5X. Prosesor ini merupakan yang pertama dari Intel yang tidak menggunakan huruf “i” dalam namanya dan menghilangkan sebutan generasi. Meskipun demikian, informasi tentang tingkat generasi masih dapat dilihat dari nomor model, yang dalam kasus ini semuanya diawali dengan angka “1”.

Baca juga : https://vrita.id/2023/10/06/mulai-dijual-di-indonesia-xiaomi-13t-begini-spesifikasinya/

Core Ultra seri H dan U telah tersedia sejak 14 Desember 2023 melalui 35 rekanan OEM, termasuk Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo, dan MSI. Tiga model tambahan dijadwalkan akan dirilis pada kuartal pertama 2024.

By KMC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *